Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dari satu pihak kepada pihak lain. Menurut William F.Glueck komunikasi terdiri dari 2 bentuk, yaitu :
- Interpersonal Communication (Komunikasi Antarpribadi) merupakan proses pertukaran informasi serta pemindahan pengertian antara dua orang atau lebih dalam suatu kelompok.
- Organization Communication (Komunikasi Organisasi) merupakan proses dimana seseorang memberikan informasi dan memindahkan pengertian kepada orang yang banyak dalam suatu organisasi, individu, dan lembaga-lembaga di luar.
Komunikasi memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut :
- Sebagai kendali, maksudnya komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku orang lain atau anggota dalam beberapa cara yang harus dipatuhi
- Sebagai motivasi, komunikasi memberikan perkembangan dalam memotivasi dengan memberikan penjelasan hal-hal dalam kehidupan kita
- Sebagai pengungkapan emosional, komunikasi memiliki peranan dalam mengungkapkan perasaan-perasaan terhadap orang lain
- Sebagai informasi, komunikasi memberikan informasi yang diperlukan setiap individu dan kelompok dalam mengambil keputusan
Komunikasi itu penting, setiap orang memiliki cara penyampaian komunikasi yang berbeda-beda. Kita tidak bisa membeda-bedakan suku, agama, adat, bahasa, dan tradisi karena komunikasi pada dasarnya menyampaikan pesan dengan baik dan benar, pasti maksud yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik. berikut proses komunikasi.
- Sender : seseorang yang memiliki informasi untuk disampaikan kepada seseorang dengan harapan dapat dipahami oleh orang yang menerima pesan sesuai dengan yang dimaksudkannya.
- Encoding : Pada tahap ini pengirim pesan membuat kode atau simbol sehingga pesannya dapat dipahami oleh penerima pesan.
- Media : Alat untuk menyampaikan pesan.
- Decoding : Simbol/kode dari pesan tersebut diartikan sehingga dapat dimengerti dan dipahami.
- Receiver : Orang yang menerima pesan dari pengirim
- Feedback : Tanggapan yang diberikan penerima pesan kepada pengirim
- Noise : Hal yang menghambat komunikasi sehingga penerima salah menafsirkan pesan yang diterimanya
- Penyaringan
- Persepsi selektif
- Kelebihan informasi
- Emosi
- Bahasa
- Diam
- Takut dalam berkomunikasi
- Berbohong
Komunikasi Efektif
>> Merupakan komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap pada orang lain yang bisa terlihat dalam proses komunikasi.
Tujuan komunikasi efektif adalah memberikan kemudahan dalam memahami pesan yang disampaikan antara pengirim dan penerima pesan sehingga bahasa yang digunakan oleh pemberi informasi lebih jelas, dapat dimengerti dan dipahami dengan baik oleh penerima pesan.
Komunikasi dapat dikatakan efektif apabila:
- Pesan dapat diterima dan dimengerti serta dipahami sebagaimana yang dimaksud oleh pengirimnya.
- Pesan yang disampaikan oleh pengirim dapat disetujui oleh penerima dan ditindaklanjuti.
- Tidak ada hambatan yang berarti untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk menindaklanjuti pesan yang dikirim
Kesimpulan dan saran :
Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain. Proses komunikasi terdiri dari sender, encoding, media, decoding, receiver, noise, dan feedback. Dalam komunikasi pastilah ada hambatan-hambatannya yaitu penyaringan, persepsi selektif, kelebihan informasi, emosi, bahasa, diam, takut dalam berkomunikasi, dan berbohong.
Agar komunikasi yang terjalin dapat berjalan dengan baik sebaiknya hambatan-hambatan dalam berkomunikasi dapat dihindarkan dan penerima informasi memberikan feedback terhadap pengirim sehingga komunikasi yang efektif dapat terlaksana.
Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain. Proses komunikasi terdiri dari sender, encoding, media, decoding, receiver, noise, dan feedback. Dalam komunikasi pastilah ada hambatan-hambatannya yaitu penyaringan, persepsi selektif, kelebihan informasi, emosi, bahasa, diam, takut dalam berkomunikasi, dan berbohong.
Agar komunikasi yang terjalin dapat berjalan dengan baik sebaiknya hambatan-hambatan dalam berkomunikasi dapat dihindarkan dan penerima informasi memberikan feedback terhadap pengirim sehingga komunikasi yang efektif dapat terlaksana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar