Apa yang dilakukan manajer?
Yang dilakukan manajer untuk mecapai suatu tujuan organisasi adalah bekerja melalui tangan orang lain. Tetapi selain itu, manajer memiliki tugas lainyya, yaitu sebagai berikut :
- Membuat Keputusan. Dalam penyelesaian suatu masalah, seorang manajer harus mampu membuat keputusan yang terbaik.
- Alokasi Resources. Manajer harus mampu mengalokasikan resources yang terdiri dari 4M yaitu Man(manusia), Machine(alat), Money(biaya), dan Material(bahan).
- Memberikan Arahan Pada Bawahan. Seorang manajer harus memberikan motivasi kepada bawahannya agar bekerja dengan efektif dan efisien, tetapi harus disesuaikan juga dengan kemampuan masing-masing bawahannya.
Fungsi Manajer :
- Plan ( Perencanaan). Perencanaan berfungsi untuk mencapai tujuan organisasi di masa yang akan datang, tetapi masa depan pasti akan berubah-ubah, untuk mengantisipasinya maka diperlukan perencanaan.
- Organize ( Pengorganisasian ). Membuat garis tugas dan wewenang dalam organisasi agar tujuan organisasi dapat tercapai dengan mudah.
- Control ( Pengawasan ). Melakukan pengawasan terhadap kinerja karyawan dan mengukur seberapa baik hasil yang telah dicapai oleh organisasi.
- Lead ( Memimpin ). Memotivasi dan mengkoordinasikan bawahannya untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan organisasi.
Organisasi adalah sekumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Dalam organisasi terdapat subsistem yang mempengaruhinya yaitu, people, system, technology, dan values/culture. Manajer memiliki beberapa tugas yaitu, membuat keputusan, alokasi resources, dan memberikan arahan kepada bawahannya. Manajer berfungsi untuk perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan memimpin.
Agar suatu organisasi dapat berjalan dengan baik maka diperlukan seseorang yang mampu memenuhi kriteria dari fungsi manajer diatas dan dapat menjalankan tugasnya dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar